BALI CONSERVANCY - PROJECT ABSTRAK


TRIHITA KARANA, adalah falsafah Hinduism tentang pola hubungan dan kehidupan manusia, dimana manusia harus berpegang pada keseimbangan hubungan yang trensanden antara manusia dengan Tuhan, Manusia dengan manusia dan manusia dengan Alam (lingkungan).


Hubungan tersebut menciptakan Dharma (kearifan), sehingga mendorong terciptanya kesucian dan ketulusan, keadilan, serta kedamaian.

Pesatnya pembangunan sektor pariwisata yang menjadi tulang punggung perekonomian Bali, mau tidak mau menciptakan pergeseran dan segregasi baik secara cultural, religi maupun rusaknya keseimbangan alam. Jika pola hubungan dalam Trihita Karana tidak dijaga, maka dikhawatirkan, Bali akan kehilangan nilainya, bahkan mungkin akan mengalami kehancuran.

Berangkat dari filosofi tersebut, Bali Conservancy digagas sebagai bentuk kepedulian individu menjaga keseimbangan hubungan untuk terciptanya Dharma dan keabadian Bali.

Project ini didesain sebagai wujud kepedulian dan dirancang dengan sustainability serta partisipasi tinggi dari seluruh masyarakat Bali. Dibuat untuk mengurangi ketergantungan terhadap bantuan – bantuan lembaga donor, dan mendorong self financing, agar masyarakat Bali dapat membiayai sendiri upaya konservasi serta menjaga pola keseimbangan Alam secara sadar.


News Link

Loading...

Sunday, September 6, 2009

FUNGSI DAN KEGUNAAN TERUMBU KARANG


Slide 5
Pelindung ekosistem pantai
Terumbu karang akan menahan dan memecah energi gelombang sehingga mencegah terjadinya abrasi dan kerusakan di sekitarnya.

Para ahli juga menyatakan bahwa terumbu karang terbukti memberikan perlindungan ketika terjadi Tsunami dan membantu mengurangi kerusakan yang diakibatkanya.

Habitat bagi banyak jenis mahluk hidup di laut
Sebagai tempat bagi jutaan hewan dan tanaman laut berkumpul untuk mencari makan, memijah, membesarkan anaknya, dan berlindung.

Sumber obat-obatan
Pada terumbu karang banyak terdapat bahan-bahan kimia yang diperkirakan bisa menjadi obat bagi manusia. Saat ini banyak penelitian mengenai bahan-bahan kimia tersebut dipergunakan untuk mengobati berbagai penyakit pada manusia.

Bagi manusia, terumbu karang mempunyai potensi perikanan yang sangat besar, baik untuk sumber makanan maupun mata pencaharian mereka. Diperkirakan, terumbu karang yang sehat dapat menghasilkan 25 ton ikan per tahun, lebih dari 300 juta orang diseluruh dunia menggantungkan hidupnya dari terumbu karang.

No comments:

Post a Comment